Solusi Itu Tidak Jauh Dari Anda

Solusi Itu Tidak Jauh Dari Anda

Kita setuju ya? Semua orang tentu punya masalah, justru itulah tandanya kita masih hidup. Kali ini saya mau berbagi… seputar tentang identifikasi masalah untuk menemukan solusi dari permasalahan bisnis masing-masing yang dihadapi.

Hal ini saya dapatkan ketika saya ikut kelasnya seorang Coach yang ternama yaitu Barlian T Winarta. Ada banyak sekali pengetahuan baru yang saya dapatkan dan hampir semuanya daging !  Sementara cukup saya bagikan satu hal saja yang justru penting banget dan sangat mendasar, yaitu tentang bagaimana kita mencari solusi dari problema bisnis kita.

Solusi yang paling efektif adalah minta bantuan pihak lain seperti konsultan  untuk menganalisa dan mengidentifikasi masalah. Namun hal itu tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. SOLUSI  hematnya, kita lakukan sendiri. Kita berperan ganda mengoreksi diri kita sendiri.

Metode Tanya

Hal ini tidak mudah namun bisa kita lakukan. Biasanya kalau kita mengidentifikasi masalah pastinya kita akan menanyakan ini dan itu kepada pihak yang kita bantu identifikasi. Sehingga akan terjadi TANYA JAWAB kan ya?  Namun pengetahuan baru yang saya dapatkan dari Coach Barlian T Winarta justru kita bukan TANYA JAWAB namun kita harus TANYA TANYA.

Karena dalam hal ini akan kita lakukan sendiri tanpa bantuan konsultan maka kita harus TANYA TANYA dengan diri kita sendiri. Maksudnya bagaimana? 

Contoh kasus misalnya begini :

Omset bisnis saya masih kurang atau bahkan cenderung menurun.  Tentunya kita akan bertanya minta solusi, bagaimana caranya kita meningkatkan omset agar target terpenuhi ?  Nah dalam hal ini pertanyaan tersebut bukan langsung kita jawab NAMUN justru kita balik bertanya… ( Tanya di balas dengan TanyaSelanjutnya kita akan balik bertanya, misalnya: “Apa yang sudah anda lakukan selama ini untuk menjaga kelangsungan bisnis anda?” Tentunya kita akan menerangkan apa saja yang sudah dilakukan, misalnya kita jawab bahwa dia sudah promosi, sudah menjaga kualitas, dan lain sebagainya.

Lantas kita tanya lagi : Anda promosi dengan cara apa dan sampai dimana? Misalnya kita jawab : Saya sudah promosi via brosur, via facebook, iklan koran.
Selanjutnya kita bertanya lagi : Cara promosi apalagi yang belum dilakukan namun kira kira bisa dilakukan untuk memperbanyak langganan?

Nah dalam hal ini kita yang bermasalah dituntut untuk berpikir dan action. Misal nya dia jawab : Promosi tambahan yang bisa dilakukan adalah promosi via website, SMS Marketing, Email Marketing.  Nah dengan demikian akan selalu ditemukan alternatif solusi baru dan hebatnya solusi itu bukan berasal dari konsultan namun justru muncul dari diri kita sendiri.  Namun demikian hal ini butuh aksi nyata, dan mungkin tidak semua langkah berakhir dengan sukses, jadi butuh proses dan terus digali dengan pertanyaan pertanyaan lanjutan.

Melanjutkan langkah terakhir tadi bisa dilanjutkan dengan pertanyaan berikut: Sudah punya website kah? Untuk bikin website sekarang lebih mudah karena banyak CMS yang tersedia tanpa harus punya pengetahuan coding. Kalau tidak mau repot bisa minta tolong DI SINI !

Untuk promosi via SMS, Apakah sudah punya database nomor HP yang mau di sms? Sekarang SMS Marketing juga sangat mudah bahkan tidak perlu repot mencari atau beli database yang mahal karena sudah ada aplikasi SMS Marketing yang bisa digunakan, tinggal googling saja pasti banyak penyedia aplikasi sms di internet.  Bila gak mau repot googling bisa simak DI SINI !

Selanjutnya untuk Email Marketing, Apakah sudah punya aplikasi Email Marketing ? Aplikasi Email Marketing biasanya kita harus berlangganan dengan biaya tertentu yang lumayan berat bagi pemula. Namun kini ada aplikasi Email Blast yang tidak perlu bayar bulanan atau tahunan tapi cukup bayar sekali saja dengan harga yang terjangkau dan kita bebas blast email kapan saja dan berapa pun. Info detail aplikasi Email Blast ada DI SINI !

Demikian beberapa pengalaman saya yang bisa disharingkan kali ini, semoga menginspirasi dan bermanfaat ! Kesimpulannya yang bisa kita garisbawahi adalah dengan metode TANYA-TANYA ini akan ditemukan solusi yang berasal dari kita sendiri. Namun demikian belum cukup sampai disitu karena alternatif  solusi tanpa tindakan nyata tidak ada artinya. Selamat berkarya dan tunggu sharing saya berikutnya …

Share on Whatsapp