Cara Aman Melepas Aki Exora

Cara Aman Melepas Aki Exora

Saat artikel ini ditulis adalah masa pandemi covid-19 dimana kita dihimbau untuk melakukan social distancing. Dengan kondisi tersebut kita semua lebih banyak tinggal di rumah saja. Mobil sebagai kendaraan kita sehari-hari juga ikut beristirahat. Bagaimana cara menjaga kondisi mobil agar tetap dalam kondisi prima? Langkah termudah adalah panaskan mesin walau tidak dipakai jalan agar aki tidak soak dan tetap bisa distarter sewaktu-waktu kita butuhkan.

Bagaimana apabila sudah terlanjur tidak bisa starter mengingat sudah 3 minggu kita dalam masa pandemi covid-19? Ada beberapa langkah yang bisa kita ambil yaitu:

  1. Kita jumper dengan aki mobil lain. (caranya mungkin akan kita bahas di artikel yang berbeda)
  2. Kita melepas aki mobil dan kita stroom kalau punya alatnya atau kita bawa ke bengkel yang bisa stroom aki.
  3. Dan lain sebagainya ….

Untuk bisa melakukan alternatif nomor 2 (dua) kita musti melolepaskan aki dari mobil kita. Ada 2 kabel yang harus kita lepas yaitu kabel kutub positif (+) biasanya berwarna merah dan kabel kutub negatif (-) biasanya berwarna hitam. Lantas musti lepas yang nana dahulu biar aman? menurut informasi yang pernah saya terima dan sudah saya praktekkan adalah lepas kabel kutub negatif (-) dahulu alias kabel yang berwarna hitam.

Mengapa harus kabel kutub negatif (-) terlebih dahulu yang harus di lepas? Alasannya sebetulnya sederhana dan masuk akan. yaitu apabila kita melepas kabel positif (+) terlebih dahulu, dan tidak sengaja kita menjatuhkan benda atau alat kerja yang terbuat dari besi ataupun bahan yang mudah menghantarkan arus listik, dan kemudian mengenai terminal positif (+) tersebut serta mengenai benda lain yang ada pada mobil, bisa menimbulkan hubungan pendek arus listrik yang tentu saja akan¬† membuat kita merasa kaget he he he….

Oleh karena itu pula, banyak teknisi yang mengingatkan bahwa dengan ketika kita ingin melepas aki mobil, akan lebih baik jika kutub negatif (-) terlebih dahulu karena dengan sendirinya arus listrik yang ada pada mobil kalian akan secara keseluruhan mati. Bahkan ketika ada alat kerja ataupun yang lainya dengan sifat mudah menghantarkan listrik sekalipun maka tidak akan meninmbulkan masalah yang membahayakan. Paham kan ya? Sederhana dan masuk akal !

Apabila ada alasan lainnya mohon bisa ditambahkan di kolom komentar ya ! Agar lebih lengkap !

Ini sebetulnya berlaku untuk hampir semua mobil, namun mengapa judul artikelnya ada Exora? Karena mobil harianku saat ini menggunakan mobil Proton Exora. Biar lebih original bahwa saya menceritakan pengalaman pribadi saja. Demikian sedikit coretan akibat #dirumahAja selama masa pandemi covid-19 ini semoga bermanfaat !